Kamis, 22 Maret 2012

Berjejaring Sosial Tidak Sehat,Hati-Hati Nyawa Bisa Melayang

Sedikit sensasi ya judul diatas ?,oh tentu tidak,setidaknya menurut pengalaman saya,termasuk pengalaman beberapa teman saya baik teman di dunia maya maupun teman di offline (kenyataan).


Pernah bukan,kita mendengar berita-berita yang menganjurkan supaya Facebook,Twitter di sejumlah negara ditutup atau diblokir ?,pasti pernah meskipun secara samar-samar atau melihat sekilas.

Bukan saja di Indonesia,tetapi di negara-negara liberal dan penganut kebebasan individu lainnya,terutama di Amerika sendiri,pernah muncul protes-protes serupa,agar ditutup atau bahkan dimusnahkan !,wah,alamat bakal kesepian deh pencinta dunia maya.

Tetapi arus globalisasi informasi lewat jaringan internet tak akan mudah saja dipangkas sedemikian rupa,karena di satu sisi manfaatnya juga ada dan banyak.

Jadi semuanya kembali lagi deh ke prinsip dan kedisiplinan pribadi masing-masing,hidup dimanapun berada pasti selalu ada dua pilihan resiko dan dua pilihan menjalaninya.

Apakah kita mau berjalan di lorong yang jahat yang penuh resiko dan akan menuai hasil jahat kita,atau kita mau berjalan di jalur sehat dan banyak menuai manfaat.Itulah pilihan kita bersosial dan bergentayangan di dunia maya termasuk juga.

Berjejaring,berkomunitas,berconnecting,dan bersilaturahmi di dunia maya dengan batas-batas yang hampir tak berbatas secara konvensi dan aturan,(hampir tak terbatas!),banyak mengandung resiko termasuk resiko kejahatan dan keburukan.

Termasuk berjejaring yang tidak sehat,artinya tidak sehat secara umum maupun tidak sehat secara prinsip pribadi.

Sebut saja kita berkomunitas di Facebok atau Twitter dan jejaring soisal lainnya,jika tidak berhati-hati dan cepat lupa diri,dengan akses yang sangat tak terbatas dan dengan mudahnya kita dapat kenalan baru di seantero pelosok dunia,menjadikan kita hampir setiap hitungan menit dan detik sekali klik saja bisa mendapat teman dan kenalan baru.

Dari sebuah perkenalan dan pertemanan inilah selalu akan muncul akibat-akibat dan efek yang bisa saja berakibat baik atau malah berakibat buruk.

Dari sekian daftar akibat buruk berjejaring sosial di dunia maya adalah Selingkuh dari Pasangan hidup kita.

Bahaya bagi diri sendiri terutama kita bisa menjadi pribadi ganda atau pribadi-pribadi semu atau yang paling berbahaya jika perselingkuhan kita diketahui atau terbongkar oleh pasangan sah yang kita selingkuhi.

Pembaca tahu kan,harga sebuah nyawa ketika yang tersakiti menjadi tahu telah diselingkuhi ?,banyak terjadi kasus dimana seorang isteri membunuh suaminya yang ketahuan selingkuh atau sebaliknya tidak sedikit suami yang membunuh isteri dan pasangan selingkuhnya.

Cara membunuhnya banyak modusnya,ada yang membunuh dengan tangan sendiri atau tidak sedikit yang menyewa para pembunuh bayaran dan malah banyak yang menyewa dukun-dukun santet.Ngeri bukan ?.

Mari berniat dan melakoni hidup di dunia maya terutama berjejaring sosial dengan sehat.

0 comments: