Sabtu, 31 Maret 2012

Gaya Hidup dan Makanan di Usia 30 Keatas

Sebenarnya gaya hidup sehat itu sederhana,murah dan gampang,malah di beberapa bagian sangat gampang.Gaya hidup sehat mempengaruhi semua aspek hidup kita,kebahagiaan,ketenangan jiwa,ketentraman bathiniah,kemesraan suatu hubungan dan kemandirian,termasuk kepuasan menikmati kehidupan.

Ketika belum sadar apa itu arti kesehatan jiwa dan raga,banyak yang ngotot dan terlalu bernafsu untuk mengejar materi dan uang dengan tanpa menghiraukan "kesehatan diri",terlambat makan,kurang tidur,jarang olahraga dan otak dipenuhi oleh kesibukan-kesibukan untuk selalu memikirkan uang-uang-uang dan materi.

Bahkan bukan dalam mengejar materi saja,mengejar ilmu (lebih pasnya hanya mengejar gelar saja hehe..demi meraih gelar tertentu ) kadang terlena dan tanpa sadar,usaha yang jor-joran dan terlalu semangat jadi mengesampingkan masalah kesehatan diri.

Ya seperti biasanya penyakit orang sibuk dan super sibuk,yang ringan saja contohnya penyakit gangguan lambung (maag),tipes karena kelelahan,masuk angin yang bisa sampai terjadi angina pektoris (gejala gangguan jantung ringan karena butuh oksigen yang banyak),bahkan sampai kekuranan gizi...wah parah deh hehe..,memang ada kok.saking sibuk mengejar gelar doktor atau master jadi jarang makan dan kurang tidur,pikiran dikuras demi sebuah gelar,akhirnya down,jantung kena,lambung kena,mata jadi rabun karena keseringan membaca dan terlalu betah lama di layar komputer,jadi pelupa karena pengaruh radiasi segala macam gelombang elektromgnetik berbagai gadget dan lain-lain.

Bahkan ada teman dunia maya saya, sampai terkena penyakit kulit saking semangatnya mengejar materi dan ilmu serta gelar doktor ,mengapa terkena penyakit kulit,karena saking semangatnya belajar kalau sudah di depan komputer atau pegang buku suka lupa waktu,jadi jarang mandi..? wkwkwk..ya kena deh korengan..ahaa..calon doktor kok korengan kulitnya hehe...(dia cuma cengengesan aja ketika saya goda di inbok FB nya haha..).Lalu beliau berbisik lewat teleponnya,hey..mas Wiero !,untung mas bukan calon mahasiswa saya, (yang teman saya maksudkan, untung saya hanya kuli TKI wkwk,,)...coba kalau mas jadi mahasiswa saya nanti,waduh saya malu berita eksim saya karena jarang mandi selagi kuliah ini ketahuan sama umum, terlebih oleh mahasiswi hehe...,ujarnya lebih lanjut dih segitunya teman saya ya haha. Tentu saja ini bergurau saja haha,saya tak mungkin jadi mahasiswa lagi sudah tua begini kok dan tentu tak punya biaya lagi buat kuliah semua penghasilan habis ke dapur dan junior serta tagihan-tagihan lainnya,kalau semangat belajar deuh masih menggebu sebenarnya.

Balik lagi ke...judul !

Ya,kesehatan tubuh kadang terlupakan,atau malah sengaja dilupakan selagi saat kita sehat dan kuat,dengan berbagai alasan,mengejar target-lah,dikejar deadline-lah,atau berbagai hal yang membuat lupa diri akan kesehatan kita.

Diantara sekian faktor yang membuat tubuh dan jiwa sehat,kata para ahli kesehatan yang saya baca dan saya dengar,salahsatunya harus bisa mengendalikan nafsu makan,yaitu cerdas memilih makanan yang bergizi,mengandung protein mineral yang tinggi seimbang.

Terutama bagi sahabat yang sudah menginjak usia 30 tahun keatas,karena di usia sekitar itu organ-organ tubuh terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan sudah mulai lemah kemampuan mencerna baik secara mekanik maupun secara kimia.

Sebut saja misalnya gigi,di usia 30 keatas banyak yang gerahamnya sudah ompong,keropos sehingga daya giling makanan secara mekanik di mulut menjadi tidak sesempurna masa di bawah 30 tahun,efeknya masih kata ahli kesehatan lho..,efeknya jadi memberatkan beban kerja lambung untuk mencerna secara kimia,karena asupan makanan dari mulut tidak selembut dan sehancur jaman masih muda,pencernaan di mulut karena gigi sudah rusak,di lambung juga sudah menurun daya lebur dan daya cernanya, akibatnya  sisa-sia makanan dan peneyerapan sari makanan berbentuk protein,vitamin mineral lainnya jadi serba tidak sesempurna dahulu.

Ya begitulah kata ahli-ahli kesehatan yang saya ketahui..kalau salah ya maklum,saya kan bukan ahlinya..(hehe jurus mengelak nih hehe...),..oke,lanjuut...!

Kata Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah riwayat hadist berbunyi :" Jagalah perutmu karena semua penyakit bisa berasal dari bagaimana isi perutmu".

Artinya kesehatan tubuh dan jiwa kita bermakna lahiriah maupun bathiniah tergantung kepada apa yang selama ini kita makan.Lebih jauhnya makanlah makanan yang baik dan halal.

Selain sistem pencernaan yang sudah agak "rewel" ketika usia terus beranjak tua,secara keseluruhan kondisi sel-sel tubuh kita mulai banyak yang mati dan sudah kurang fungsinya.Sebut saja fungsi ginjal,fungsi jantung dan fungsi organ penghasil hormon-hormon tertentu semua menjadi berkurang daya kerjanya,tidak sebagus jaman usia muda dibawah 30 tahun.

Oleh karena itu kata yang ahli tentang kesehatan,dan yang sudah membuktikan dengan pengalaman (karena saya tak terlalu percaya penuh ke yang ngaku ahli,tapi belum praktek..hehe,makanya di ambil dari dua sumber,dari yang ahli dan yang telah mempraktekan teori ini di kehidupan),kata mereka jika tubuh mau sehat seimbang sesuai dengan umur kita tentunya,diantaranya coba mengendalikan nafsu makan anda mulai saat ini terutama dengan jenis makanan 3 macam berikut.

Hati-hati dengan tiga jenis Makanan ini

1. Makanan berminyak dan banyak mengandung Garam,jelas ini sumber penyebab kadar kolesterol  dan sumber lemak yang dapat menyumbat saluran peredaran darah dan lain-lain...cari aja sendiri deh penjelasan lebih lanjutnya hehe...!

2.Hindari terlalu banyak makan gula-gulaan atau manis-manis...inipun penjelasannya cari lagi aja deh sendiri,(termasuk jangan terlalu suka kepada yang "manis-manis" macam lainnya ?hehe..ya seperti "mangga muda" dan "manggis" dalam tanda petik hehe...! (terjemahan : janda muda dan gadis .).

Makanan yang manis-manis akan mengundang penyakit kadar gula jadi kacau balau di dalam darah dlsb.

3.Hindari terlalu banyak makan makanan yang berasal dari bahan terigu,baik terigu yang masih mentah..haha,,wah belepotan deh mulut..atau yang sudah berbentuk makanan siap saji,burger,roti,dan lain-lain.

Akan lebih baik bila saat usia mulai tua.., banyak bergerak olahraga,dengan olahraga dan makanan sehat gizi seimbang akan memperlancar aliran darah dan menguras selang-selang pembuluh darah,sehingga darah mengalir dan bersirkulasi dengan baik ke seluruh dan di seluruh tubuh.

Darah kan intinya nyawa kita,termasuk jangan banyak merokok dan harus mengusahakan cukup tidur yang tenang dan paling kurang total generla jam tidur anda sehari semalan 7-8 jam.

Selain itu banyak-banyaklah minum air putih,hindari air yang bersoda dan air-air yang lainnya...(serius lho ini mah..!).Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran segar serta di tanam dan diolah secara alami.

Selanjutnya jaga selalu kebersihan lahir bathin kita,jaga kebersihan tubuh,lingkungan dan bathin,bereskan urusan diri sendiri terus menerus lahir dan bathin jangan terlalu banyak membuat masalah kehidupan.

Yang paling pokok,semakin mempertebal Iman dan taqwa,sesuai dengan kepercayaan dan agama pembaca masing-masing.

 Oke selamat menjalankan gaya hidup sehat lahir dan bathin.mari berusaha sedikit demi sedikit,"mulai dari hal terkecil,mulai dari diri sendiri,dan mulailah saat ini" (hikmah dari MQ group).
Penulis :A Wierodjampang
Dari berbagai sumber

0 comments: