Senin, 02 Juli 2012

Bersabar Dengan Proses

Bersabar dengan proses,dimana kita bisa mengendalikan diri dan segenap hasrat untuk selalu melangkah bertahap demi tahap dalam mencapai dan menjalani perjalanan menuju tujuan atau target.

Kota Roma tidak dibangun dalam satu hari,peribahasa ini menyatakan bahwa sesuatu yang besar tidak dibangun dengan instant grasa-grusu mau serba cepat dan saat ini, tidak sobat,dan kalaupun target kita itu dikerjakan dengan tergesa-gesa,hasinya tidak akan berkualitas baik,mungkin saja bisa jadi kenyataan tetapi berkualitas nomor bontot alias jelek bahkan buruk tidak tahan lama.

Membangun rumah,membangun jembatan,membangun sekolah,madrasah,gedung bertingkat,tidak bisa di bangun dan dikerjakan dengan tergesa-gesa,dibangun dengan banyak tahapan dari perencanaan yang matang sampai tahap-tahap selanjutnya sesuai jadwal dan aturan main yang sudah di tetapkan dengan standar kualitas yang sudah tentu pula di setiap progres dan target tahap demi tahap.

Membangun bisnis apalagi,tidak bisa mau cepat bisnis kita menjadi besar dan kuat dengan hanya beberapa waktu yang singkat,perlu waktu dan tahapan yang jelas dan matang,perlu fase-fase yang mengalir dan terus menerus,dengan segala standar kelayakan dan aturan sesuai kondisi masing-masing.

Tetapi apapun kondisi dan macam yang menjadi tujuan kita,semuanya jikalau mau kualitas tujuan itu hasilnya baik,bermutu,berkualitas dan tahan lama,maka perlu dan membutuhkan waktu proses.

Bersabar,dewasa,mantap dan terus mengalir,ulet,tekun,cerdas,rajin dan sebagainya merupakan bagian dari cara kita agar tujuan dan target kita berhasil dengan kualitas yang nomor satu.

Pengendalian diri menjadi sangat penting,sifat serakah,grasa-grusu dan mau serba cepat tanpa perhitungan  harus dihindari,karena keserakahan itulah yang mendorong kita menjadi tidak sabar dengan proses.Akhirnya banyak fase-fase basic mendasar yang diloncati,banyak tahap yang dilangkahi tanpa perhitungan semata-mata ingin segera mencapai puncak,akhirnya nyampai juga sih bisa ke puncak, tetapi karena ada tahapan yang kosong tidak digarap dengan baik di bawah sana,maka keberadaan di puncaknya dijamin tidak akan lama,target yang kita capai akan rapuh dan sebagaimana layaknya yang instan-instan,yaitu cepat berhasil juga cepat akan musnah dan hancur.

Bersabar dengan tahapan dan fase-fase menuju puncak sukses berhasil, bukan berarti lamban atau lambat,bukan itu maksudnya,tetapi bersabar dalam arti tetap berjalan sesuai dengan rencana"cetak biru' pencapaian tujuan kita.Menyelesaikan semua kronologis dan runtutan teknis maupun non teknis semua faktor pendukung keberhasilan yang akan kita capai.Itulah sabar yang dimaksud.

Majulah terus dengan mantap,jangan pernah berhenti,merayap dengan pasti,bersabarlah dengan menyelesaikan semua tahapan rencana awal,dan melajulah dengan kecepatan konstan lurus sesuai cetak biru di awal rencana,jangan meleset dari tujuan,singkirkan keserakahan dan kesombongan terutama jauhkan sifat tidak sabaran dan grasa-grusu dalam mencapai tujuan.

Salam selamat siang,semangat saling berbagi.Terima kasih telah mampir dan membaca.

0 comments: