Senin, 30 Juli 2012

Ramadhan atau Ramadan ?

Penulisan ejaan atau kata Bahasa Indonesia yang baik dan benar tentu mengacu kepada lembaga yang menngurus bahasa Indonesia milik negara kita,sebut saja misalnya kalau sepengetahuan saya adalah kata yang terdaftar di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia),saya yang di Riyadh tidak terlalu banyak teman yang bisa diajak diskusi masalah ini,ada juga yang ngerti bahasa Indonesia,misalnya teman guru baik guru SD maupun Guru SLTP,SLTA dan Guru Kuliahan eh Dosen yang saya tanya di chattingan..eeh,,beliau-beliau malah menertawakan saya,hehe...katanya terserah kamu deh,mau nulis Ramadhan atau Ramadan.

Cerita punya cerita saya tetap terbiasa menulis ejaan untuk bulan Puasa dalam kalender Islam ya Ramadhan,lalu saya lihat tulisan di Riyadh di stiker dan banner dalam rangka mengucapkan selamat Ramadhan mereka menulis " Ramadhan Mubarak " lalu saya lihat di media online tanah air,ya ditulis "Ramadan" waduh jadi pusing saya..?

Lalu saya buntu untuk kesekian detik berikut,harus nanya siapa,lalu sayapun membuka kamus online bahasa Indonesia,linknya (sebagai bukti,nanti bisa agan klik di bawah ulasan ini )..hasilnya,wadaww..saya salah selama ini selalu nulis di blog ini dengan ejaaan Ramadhan,pakai hurup h diantara hurup d dan a.

Saya tersenyum maklum gan, ya maafin nih,kan saya sudah wanti-wanti di awal-awal dalam halaman Dapur Bernada,mohon maaf kalau ejaan dan diksi (pilihan kata) banyak yang kurang tepat,habis ya begitulah saya sambil belajar saja,dan lebih baik salah bukan dibanding saya tidak berkarya sama sekali..?,mungkin kata pembaca,ya...terserah elo...hehe..!

Nah kalau melihat kamus online yang saya dapatkan,memang seharusnya ditulis Ra-ma-dan,udah deh saya nyerah hehe,dan ngaku selama ini salah selalu nulis dengan ejaan Ra-mad-han,iyaaaaa..jadi malu.

Habis teman saya yang paling ngerti bahasa kalau ditanya teh selalu jawab,(sambil humor gan..) terserah mau tulis kamu ramadan atau ramadhan asal jangan ramadun atau ramadin saja katanya...wkwkw payah punya teman nih hehe...

Ya udah gan ,maafin saya selama ini selalu nulis Ramadhan mulai sekarang,saya ucapkan selamat Ramadan..

Eits..tetapi kok di Riyadh saya lihat di Banner,spanduk Ramadhan Mubarak..artinya Selamat Bulan Ramdhan..? wah udah deh asal jangan ramadin dan ramadun saja.

Ditunggu komentarnya ya gan,mau Ramadan apa mau ramadhan..ah saya mau bikin status di facebook,mau nanya tentang ini.

Salaman hangat teman pembaca,Ramadan mubarak..! Oh iya hampir lupa,ini gan link kamus BI onlinenya : Kamus BI Online

0 comments: