Minggu, 01 Juli 2012

Buka Usaha Kecil itu Gampang,Mengelola Itu yang Sulit

Membuka usaha baru menurut saya sangat gampang,walaupun punya modal pas-pasan apalagi punya modal banyak,tetapi mengelola,menjalankan dan memelihara serta mengembangkannya yang sulit dan perlu semangat yang tak pernah padam.

Seperti halnya membuat blog,membuat blog saat ini sangat gampang baik blog gratisan ataupun blog yang domain dan hostingnya berbayar,namun mengelola dan memelihara serta mengembangkannya yang sulit dan perlu semangat terus.

Motivasi bisnis adalah supaya usaha yang dibuka kita dikelola untuk berfungsi sebagai mesin duit,sumber penghasilan,ladang keuntungan dan sumurnya pendapatan kita.Setidaknya awal tujuan pengusaha dikala membuka usahanya adalah demikian.

Buka usaha kecil,membuka toko,membuka bengkel,membuat CV,bahkan PT dewasa ini relatif mudah,mau buka usaha toko tinggal ada lokasi tokonya,membeli atau mengontrak lalu ada item barang jualannya,ada penunggunya,pagi buka malam tutup ya sudah,beres kita sudah punya perusahaan.

Atau mau punya CV dan PT,kita tinggal masuk ke kantor notaris,membuat akta pedirian dan syarat-syarat lainnya,ya sudah beres saat ini kita sudah memiliki perusahaan CV atau PT.

Mau buka usaha warteg atau jasa lainnya,ya tinggal buka ada lokasi,ada kantor ada orangnya,dan sebagainya,pendek kata membuka usaha gampang bukan,siapa bilang buka usaha susah..? hehe.

Buka usahanya gampang,membikin perusahaannya gampang (meskipun relatif ),tetapi yang susah dan sulit adalah mengelola,menjalankan dan mengembangkannya sehingga usaha yang kita buka itu dapat berjalan sesuai AD/ART,visi misi dan tujuan utama bisnis,tujuan utama bisnis adalah menjadikan perusahaan anda jadi mesin pengahsil uang bagi anda.

Untuk itulah perlu banyak ilmu pengetahuan dan keahlian serta pengalaman atau mencari tahu dan bersedia belajar dari yang berpengalaman,intinya harus punya ilmu bisnis,sekecil apapun bentuk dan jenis bisnis kita.

Ilmu pengetahuan,kemampuan manajerial,kepemimpinan,kedewasaan semuanya sangat penting,dan sebagainya,terutama semangat dengan segala kerajinan,keuletan,ketangguhan,tahan banting,kesehatan yang prima dan sikap mental serta kekuatan fisik yang baik lainnya.

Selamat membuka usaha yang baru sobat,semoga sukses.Salam.

0 comments: