Senin, 30 Juli 2012

Buah Kurma di Jus,Ah Kurang Enak Bro..!

Saat ini informasi tentang apapun bisa kita dapatkan termasuk saya baca di suatu artikel tentang buah korma yang di jus.

Wah,kalau menurut pendapat saya buah kurma enak dimakan aslinya saja,bahkan di Riyadh,Saudi banyak yang dipakai campuran cake,tetapi tetap yang mantap buah kurma itu dimakan dengan natural saja.

Yaitu buah yang masih ada bijinya dimakan biasa saja,lebih terasa rasa kurma aslinya.Bisa juga ketika makan buah kurma diikuti leh minum gahwa,kopi khas Arab yang sudah ditambah ramuan kapollaga,cengkih,curucuma (kunyit) sedikit,dan rempah lainnya.

Untuk pertama kali lidah kita akan merasa asing,tetapi saya jamin anda akan ketagihan hehe..

Atau diselang seling dengan minum teh manis lalu kemudian dengan makan korma dan minum gahwa,wuih enak banget,sebenarnya bukan enak sih tetapi saya kesulitan mencari diksi ,pilihan kata untuk menuliskannya,apa ya..? semacam rasa unik begitu,antara asyik dan rasa unik deh.

Ya kalau mau di jus juga silahkan,caranya kurma yang sudah masak lalu dikupas bijinya dan kemudian di blender,tetapi serat dan rasanya jadi lain tidak ada khas kasarnya kurma kalu di jus.

Selera memang bisa berbeda,tetapi untuk kurma saya rasa kebanyakan orang akan setuju jika buah kurma untuk mendapatkan sensasi rasa alaminya,tetap asyik dan enak dimakan dengan keadaan seperti buah aslinya saja.

Mau di jus atau makan dalam bentuk yang asli silahkan saja gan,hari ini selama Ramadan saya selalu menyantap buah kurma dan minum kopi arab,gahwa setiap selesai buka puasa,wah enak seger gan..hehe.

Buah kurma jika sedang berada di Saudi,kebetulan saya sedang ada di Riyadh saat ini,sangat mudah didapat ketika saat buka puasa tiba,anda tinggal mau pergi ke tempat-tempat buka puasa gratis,biasanya di mesjid-mesjid dan di tempat tertentu atau di depan rumah orang dermawan selalu tersedia buah kurma,bahkan tidak termakan oleh jemaah,banyak sisa yang masih bagus di kartun-kartun atau di wadah buah kurma.

Tahun yang lalu saja teman saya orang Kenya,Afrika,bisa mengumpulkan kurma sisa yang masih baik sisa buka bersama selama bulan Puasa di sini,sampai hasil satu kwintal lebih buah kurma,dan tentu saja dia kirimkan dengan cargo ke negara asalnya ,Kenya,atau banyak juga TKI yang mengumpulkan macam sobat saya Kenya itu,tetapi yaitulah ongkos kirimnya kalau ke Indonesia muahall gan.

Salam ramadhan,selamat buka puasa.

0 comments: