Rabu, 11 Juli 2012

Buat Rencana A dan B Untuk Satu Tujuan

Para panglima perang yang ahli dan mumpuni dalam strategi selalu membuat rencana teknis dan operasional dalam pencapaian tujuannya dengan tidak hanya satu macam rencana saja,mereka selalu membuat rencana alternatif dan rencana cadangan untuk menuju sebuah tujuannya,yaitu keberhasilan atau kemenangan.

Begitupun sebaiknya di dalam kegiatan usaha dan hidup kita,dalam mencapai suatu satu macam tujuan tertentu perlu rencana strategi yang dobel tetapi dengan standar tujuan yang tetap dan satu.

Artinya tujuan utama jangan berubah-ubah tetaplah fokus,tetapi rencana teknis dan operasinya buatlah rencana lainnya sebagai cadangan dan alternatif bila rencana A (utama) mentok dan buntu tidak bisa dilakukan apapun.

Jika rencana A gagal segeralah beralih ke rencana B tetapi tetap tujuan jangan berubah,maksudnya jangan benturkan diri anda ke diniding cadas yang tebal ketika rencana pencapaian tujuan A sudah mentok dan sangat sulit.Pertimbangkanlah untuk beralih ke rencanaa B dengan tujuan tetap yang menuju arah dan rujuan yang sama.

***
Sebuah proses pencapaian tujuan apapun itu bentuk dan seberapa nilai atau bobot nilai tujuan yang akan kita capai di sebut usaha,dan usaha yang baik adalah memakai tahap-tahap pengerjaan praktek yang bertahap,tahapan pertama untuk mencapai tujuan adalah membuat rencana dengan matang,cetak biru perjalanan usaha dan tujuan yang akan dicapai.

Tetapkan dan teguhkan tujuan yang satu persatu,buatlah rencana mencapainya dengan satu rencana utama (rencana A),dan jangan lupa buat pula rencana (jalan lain sebagai rencana B,cadangan) untuk mengantisipasi jika perjalanan rencana A mentok dan membentur dinding yang terlalu kuat tidak bisa ditembus untuk mencapai tujuan utama kita.

Dengan membuat rencana Utama dan rencana cadangan membuat proses menuju tujuan anda akan semakin mantap dan percaya diri,karena paling tidak arah dan tujuan pencapaian tujuan anda telah benar-benar dipikirkan dengan matang dan mantap,buktinya anda mempersiapkannya dengan sempat membuat dua rencana,artinya anda bertindak tidak ceroboh dan tidak tergesa-gesa.

Jika rencana A gagal maka jangan panik berlaihlah ke rencana B untuk satu tujuan yang sama.Selamat malam semua.

***

Disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi
Ilustrasi :shutterstock.com

0 comments: