Rabu, 18 Juli 2012

Dari Riyadh,Persiapan Menjelang Puasa Ramadhan

Ramadhan Karim...

Permulaan Ramadhan di Riyadh disambut dengan berbagai persiapan,diantaranya didirikannya tenda-tenda untuk menampung sadaqah jariyyah dan zakat fitrah di sejumlah titik dan tempat.

Tenda-tenda besar dibangun dengan bagus dan kokoh di beberapa perempatan jalan raya dan sejumlah tempat strategis lainnya.


Fungsi tenda-tenda itu untuk tempat berbuka puasa bagi khalayak umum maupun orang sekitar  di saat puasa nanti.

Kegiatan persiapan juga terlihat di hampir di semua mesjid baik mesjid jami maupu mesjid milik pribadi,persiapan tenda juga terlihat di sejumlah depan rumah orang-orang kaya yang sengaja menyediakan tempat untuk iftar (buka puasa) dan shalat magrib bersama.

Di sejumlah Mall dan pusat perbelanjaan juga telihat banyak didirikan tenda atau disediakan tempat khusus bagi buka puasa gratis dan bebas bagi siapa saja yang berbuka.

Di sejumlah pusat perdagangan makanan pokok terlihat sedikit ada kegiatan ramai bertransaksi namun tidaklah seramai pasar induk atau tempat sembako di Indonesia.

Di sini hanya ramai biasa saja,karenaa relatif jumlah penduduknya hanya sedikit tidak sepadat tanah air.Di dalam rumah tangga juga telah banyak persiapan menjelang puasa ini,diantaranya telah menyiapkan pola tidur bagi semua anggota keluarga dengan mulai membiasakan diri "begadang" yaitu melek sampai waktu subuh tiba,terutama bagi anak-anak,pembantu,sopir dan ibu rumah tangga.

Bagi para PRT dan sopir pribadi di Saudi,saat Ramadhan adalah saat yang paling sibuk sepanjang tahun dalam aktivitas bekerjanya,karena dibulan Ramadhan pekerjaan rumah tangga di Saudi mulai hidup dan sibuk bekerja sejak saat asyar sampai sesudah shalat Subuh.

Selamat menjelang dan menjalankan Ibadah puasa bagi yang sesama umat muslim.Semoga berkah dan keselamatan selalau dilimpahkan Allah kepada kita sekalian.Amin.



0 comments: