Minggu, 01 Juli 2012

Menyikapi Membludaknya Informasi di Internet

Dewasa ini arus informasi di internet (baca,konten),sangat membludak,coba ketik di mesin pencarian pasti akan dengan mudah mendapat situs yang berhubungan dengan kata kunci yang kita ketik.

Lalu diantara sekian ribu bahkan juta mungkin,konten yang ada sangat beragam dan berbagai jenis serta macamnya,diantara sekian konten tersebut tentu saja tidak semuanya memuat yang baik-baik,yang sepakat-sepakat dan lurus-lurus seperti halnya sesuai dengan isi hati kita,terutama blog dan situs-situs pribadi.

Menyikapi luapan dan melimpahnya warna-warni tulisan dan konten semua itu,menurut saya pribadi akan lebih bijak jika kita berpendirian dan bersikap "ambil positifnya saja".

Ya ambil positifnya saja,ngapain cape-cape ngurusin setuju atau enggak setuju dengan isi dan konten karya serta milik orang lain..?,cape dwech..,santai saja,yang baiknya kita ambil yang buruk ya cukup kita simak saja,lagian baik buruknya pun masih relatif bukan ?,nilai standar baik buruk konten tertentu antara standar kita dan standar serta pikiran orang lain belum tentu sama,malah kebanyakan berbeda.

Jadi.?,ya santai saja,yang menarik kita dalami dan terus simak dan yang tidak menarik ya kita lewati saja lah..!,nanti hukum alam yang berbicara,hukum pasar berbicara,konten yang penting,perlu dan mengasyikkan pasti akan banyak dikunjungi orang,atau paling tidak akan ada langganan meskipun tidak banyak,bagi konten yang buruk dan ekstrim ya ada konsumennya juga lho tetapi biarkanlah selera pasar yang menentukan.

Apalagi terhadap blog-blog pribadi yang kebanyakan mereka menulis dan mengisi ya sesuai dengan gaya pribadi dan kepribadiannya masing-masing,kita saya rasa enggak perlu lah mengeluarkan energi dan memboroskan pikiran untuk sekedar "setuju atau tidak setuju " pada isi kontennya,meskipun kita tahu misalnya bahwa karyanya itu ngawur, tidak benar, nyleneh atau tidak wajar bahkan sesat,ya biarin saja toh haknya dia kok.

Kita suka kita simak,enggak suka ya tinggalkan saja nyari situs atau tempat yang lebih bermanfaat dan penting menurut kita.Itu semua pendapat saya saja.

Lain lagi kalau di suatu forum atau komunitas,blog keroyokkan misalnya,ya itu ada aturan mainnya sendiri,ada Tatib sendiri secara intern yang harus dipatuhi oleh anggotanya.Blog keroyokkan secara virtual adalah milik semua anggota tetapi secara teknis dan materialnya itu milik admin atau sebuah badan yang harus dipatuhi semua anggota segala tatibnya.

Jadi kalau di sana di komunitas, sah-sah saja jika kita sesekali setuju atau tidak setuju dengan tema atau topik yang dilempar anggota lainnya dan diaparesiasi oleh teman sekomunitasnya.

Tetapi secara global,secara umum konten di internet tidak usahlah kita terlalu buang-buang energi dan waktu  dengan setuju atau tidak setuju terhadap isi konten yang ada,lagian secara umum pula nanti selain selera pasar dan hukum alam yang akan menyeleksi natural terhadap suatu konten di internet,juga masing-masing pribadi ada wilayah hukum positifnya yang berlaku di tiap-tiap tempat domisili pembuat dan penikmat,user konten termaksud.

Salam semangat selalu,dan mari lebih mendalami diri sendiri dahulu sebelum menilai dan memutuskan bahwa orang lain pantas atau tidak pantas,setuju atau tidak setuju dengan karya orang lain.

Membereskan diri sendiri terus,mengambil hikmah dari orang lain,dan ambil positifnya saja dari berbagai konten internet ini.Konten bermacam dan jenis apapun jadikan sebagai sarana belajar dan pembelajaran diri,jadikan sebagai tambahn ilmu pengetahuan saja.

Ambil positifnya saja.sementara kita terus fokus saja ke bekerja dan berkarya dalam tugas dan diri kita.Itu lebih baik daripada terus sibuk mengomeli konten orang lain

Dan bagi anda pembaca ?,Semua terserah anda deh hehe.

Salam.

0 comments: