Kamis, 05 Juli 2012

Usaha Kecil Terus Hidup dan Maju

Ibarat sebuah tanaman,usaha yang bagus kecil maupun besar yaitu usaha atau bisnis yang terus tumbuh dan maju,yaitu dimana perusahaan terus berkembang,beruntung,dan tahan terhadap goncangan kanan kiri badai krisis.

Dalam salah satu tulisan pakar marketing,Tung Desem Waringin menulis bahwa menurut kutipannya ada tiga hal yang perlu untuk sebuah bisnis yang mau maju dan tumbuh terus yaitu :

1. Murah,murah barangkali dalam hal harga konten,harga produk kita atau juga bisa murah dalam hal menjangkau tempat usaha kita,usahakan tempat kita di tempat strategis dan dekat dengan keramaian,jadi konsumen tidak harus mahal keliling-keliling mencari tempat usaha kita, hemat saya Murah yang dimaksud termasuk hal ini,selain itu gratiskanlah lahan parkir di tempat usaha anda.dll.

Khusus untuk yang di bidang produksi,kita bisa menekan biaya operasional seefisien dan seefektif mungkin dalam menekan biaya produksi,sehingga bisa menghasilkan produk yang jatuh harga jualnya murah.

2.Ditulis pula, ",Unggul dalam produk-produk anda",saya berpendapat yaitu meskipun murah tetapi jangan lupa segala bentuk kualitas produk dan kualitas usaha anda harus tetap menjadi nomor satu layak diperhatikan.Terutama hasil produksi kita,jaminan mutu dan kualitas harus nomor satu atau paling tidak jagalah kualitas produk.

3.Service atau pelayanan,tentu saja service yang cepat,tepat dan ramah tamah serta berkesan kepada konsumen dan bentuk pelayanan teknis maupun non teknis lainnya,sangat berpengaruh terhadap kelangsungan dan pertumbuhan usaha kita.

Bisa ditambahkan sebenarnya,bila mengiinginkan usaha kecil kita maju dan berkembang terus,saya ibaratkan sebuah tanaman tadi,sebutlah tanaman singkong yang kita tanam,tanaman singkong akan terus tumbuh dan berkembang jika paling tidak sebagai berikut :

1.Terus dipelihara dan dikontrol dengan baik
2.Tahu waktu kapan harus dipanen dan kapan harus panen ditahan
3.Pemberian pupuk yang sehat
4.Jagalah dari gangguan hama dari luar lingkungan apapun bentuknya.

..dan seterusnya,yang nanti bisa kita dapatkan ilmu dan cara-cara terus bertahan agar usaha terus tumbuh sambil praktek di lapangan atau kenyataannya.

Salam.

Sumber : finance.detik.com ,dan berbagai sumber.

0 comments: