Sabtu, 15 September 2012

Jangan Simpan Sandal di Kotak Titipan,Ketika Umroh atau Haji

Masalah sandal atau sepatu ketika umrah dan ibadah haji menjadi sedikit ribet,kecil tetapi penting,satu karena untuk menjaga kebersihan kaki anda tetapi suci dari najis dan kotoran,keduanya sebagai alas kaki karena lantai dan jalanan di sekitar Masjid Al Haram sangat panas gan,kecuali kaki anda tahan panas sekitar 30 DC ke atas.

Pengalaman saya,jangan tinggalkan sandal anda apalagi yang mahal di kotak-kotak penyimpanan sandal yang ada di sekitar pintu mesjid,karena pada saat-saat tertentu Baladiah (petugas kebersihan setempat) akan menyapu bersih semua benda di kotak-kotak sana untuk membersihkan,bisanya kalau pagi jam 7 atau 8 an,atau di saat jadwal mereka yang lain.

Dan sandal andapun akan raib kena razia petugas kebersihan sana,bila terjadi demikian jangan panik,jalan saja ke depan sedikit pakai sendal yang sudah dibuang orang ,kadang warnanya kanan kiri sudah tidak sama atau berbeda model,tidak apa toh hanya sampai ke depan saja ke tempat para pedagang sendal jepit lima riyalan.

Kalau mungkin dan rajin,bawalah kantong palstik dan selipkan di badan ketika masuk area masjid,dan tenteng terus selama anda di dalam mesjid,kalau mau ribet dan takut hilang.

Saran saya ketika umrah masuk ke lingkungan Masjid Al Haram atau ketika melaksanakan haji pakailah sandal murah saja,yang banyak dijual di depan mesjid seharga 5 riyal.Jadi kalau sewaktu-waktu hilang dan tidak terlalu mahal,maka beli lagi saja gantinya,jangan takut nanti di depan pintu masuk akan banyak pedagang sendal jepit seharga 5 riyalan.

Sandal mahal dan kulit asli anda tinggalkan saja di Tenda atau di Hotel tempat menginap anda.

Salam.

0 comments: