Kamis, 13 September 2012

Kompres Tradisional Obat Demam BALITA atau Anak Anda

Pada usia di bawah lima tahun kesehatan bayi kita rentan terkena masuk angin,deman dan suhu badannya panas,jika dibiarkan tanpa perhatian serius sangat berbahaya bagi pertumbuhan dan keselamatan buah hati kita.

Berikut berbagi cara membuat kompres tradisional ketika darurat,misalnya penyakit terjadi saat tengah malam ,ke dokter jauh atau Balai Pengobatan masih tutup sebagai tindakan pertolongan pertama bisa dilakukan dengan cara mengompres tubuh balita kita,berlaku pula bagi usia anak-anak dibawah sepuluh tahun.

Bila anak anda menderita badan panas dengan suhu tinggi,jangan langsung dikompres oleh air es atau air dari kulkas dan freezer,atau cara instan memberi antibiotik (amoksilin) atau obat kimia lainnya, meskipun dengan dosis rendah.Tetapi mari coba cara alami orang tua dahulu bila anak-anaknya menderita demam dan panas tinggi.

Tindakan pertama jangan panik,baringkan tubuh bayi anda di kasur yang bersih dan sehat ditilami oleh kain handuk atau yang berbahan katun,agar bisa menyerap cairan dengan baik.

Buka semua pakaian yang ketat dan ribet di tubuh bayi anda,lalu kompres dengan kompres buatan sendiri,balurkan ke seluruh tubuhnya dengan merata,dilakukan selang sepuluh menit satu kali jika kondisi panas sedang tinggi.

Berikut bahan dan cara membuat kompres tradisional termaksud versi penulis sesuai pengalaman dari orang tua di kampung jaman dahulu.

Bahan-bahan :

-Siapkan jahe secukupnya
-Garam dapur secukupnya
-Bawang merah bawang putih secukupnya,atau satu siung saja.
-Jeruk nipis atau lemon atau buah apa saja yang rasanya asam bila tidak ada jeruk nipis bisa diganti dengan daunnya saja.
-daun sirsak atau daun jeruk lima lembar
-Minyak kayu putih secukupnya
-Air hangat secukupnya,dua gelas cukup
-Kalau tersedia beri alhkohol 70% satu sendok makan atau secukupnya.
-Siapkan handuk kecil atau sapu tangan
-Wadah atau mangkuk ukuran sedang untuk tempat menampung dan menyimpan semua bahan kompres

Caranya :

Semua bahan (jahe,bawang,jeruk,daun sirsak,) ditumbuk perlahan kalau darurat dengan ditumbuk-tumbuk oleh benda padat di dalam kantung plastik hingga bubuk semuanya,atau bisa juga diulek di ulekan sambal hingga semua bahan bubuk dan bercampur.

Hasil tumbukan bahan tersebut,masukan ke wadah lalu campurkan bahan air hangat,alkohol,minyak kayu putih di aduk hingga diperkirakan semua bahan bercampur.

Setelah itu dengan memakai handuk kecil,balurkan ke seluruh tubuh balita anda dengan merata ke semua anggota tubuhnya,tunggu selama sepuluh menit dan ulangi terus hingga suhu tubuhnya menurun dan normal.Bila perlu simpan handuk basah bekas membalurnya di kening atau bagian kepala anak.

Bila tidak ada semua bahan termaksud,tidak komplit juga masih bisa dibuatkan saja dengan bahan yang tersedia.

Jangan lupa baca doa dan memohon ijin kesembuhan dari Tuhan,sesuai kepercayaannya masing-masing.

Bila besoknya atau demam tidak turun enam jam setelah pengobatan ini,segera berobat ke Dokter atau ke balai Pengobatan terdekat.
Semoga lekas semubuh.

Salam.

0 comments: