Kamis, 20 September 2012

Yaum Watani,Hari Berdirinya Kerajaan Saudi Arabia

Pada tahun 1932,Ibnu Sa'ud atau nama lengkapnya Abdul Aziz bin Abdurahman as-Sa'ud,memproklamirkan Kerajaan Saudi Arabia atau (Al Mamlaka Al Arabiyah As Su'udiyah),tepat pada tanggal 23 September tahun itu.

Ibnu Sa'ud menyatukan wilayah Riyadh,Nejed,Ha'a,Asir dan Hijaz dalam wilayah Saudi Arabia atau Arab Saudi.Dan Abdul Aziz atau Ibnu Sa'ud menjadi Raja pertama di Kerajaan Saudi Arabia.

Bendera arab Saudi bertuliskan "Dua Kalimat Syahadat "dalam kain berwarna hijau,berikut daftar Raja-raja yang berkuasa sampai saat ini :

1.Abdul Aziz bin Abdurahman as Sa'ud
2.King Saud
3.King Faisal
4.King Halid
5.King Fahd
6.King Abdullah ,semuanya anak dari Malik Abdul Aziz atau King Abdul Aziz.

***
Perayaan Yaumul watani dilaksanakan setiap tahun,terutama di lingkungan Kerajaan diadakan acara memperingati dengan acara khusus khas Kerajaan.Pelaksanaannya dipusatkan di Ibukota Kerajaan Saudi di Riyadh.

Semua sekolah diliburkan,termasuk tahun ini karena tanggal 23 September jatuh pada hari Minggu besok,dan hari libur mingguan di Saudi Kamis dan Jumat sehingga hari Sabtu dimasukkan sebagai hari kejepit libur sampai hari Minggu.

Biasanya menjelang perayaan pada puncak Yaum Watani tersebut pada malam harinya hampir semua anak muda dan penduduk Riyadh keluar rumah,sehingga jalanan kota menjadi macet,mereka memakai ikat kepala bendera Saudi atau mengibarkan bendera ukuran kecil sepanjang jalan.Kadang melintas anak-anak muda sesekali dengan mobil mewah atau mobil sport memutar musik khas Arabi kencang-kencang,sambil menari gaya gurun pasir.

Di Riyadh pada umumnya para warga menuju ke sekitar daerah Gedung Faisaliyah dan Gedung atau Tower Kerajaan (Gedung Mamlaka atau Mamlaka Tower),yang terletak di districk Olaya dan sekitar jalan King Fahd serta Jalan Olaya.

Kegiatan di sekitar jalanan hanya begitulah,para warga bergembira di jalanan dengan seperti tidak tentu tujuan,hanya jalan-jalan saja dan saling tonton iring-iringan mobil masing-masing.

Secara acara intern Kerajaan tidak terlalu terbuka untuk publik,hanya kalangan tertentu saja yang bisa menyaksikan dari dekat.Atau bisa disaksikan lewat cahnel TV Saudi 1 dengan pembawa acara resmi Kerajaan.

Tidak ada konser musik atau apapun di tempat publik,karena kegiatan semacam itu dilarang di negeri yang memakai hukum Syariat agama ini dalam sistem hukum negaranya.

***

Referensi : wikipedia.co.id
dan pengalaman penulis selama tinggal di Riyadh.

0 comments: