Senin, 17 September 2012

Suasana Hati Setiap Hari Pasti Berbeda

Apakah anda termasuk manusia yang pandai mengelola Mood atau Suasana hati ?,Wah berarti anda termasuk orang yang beruntung.Maksudnya mengelola suasana hati agar selalu bersuasana senang ?, menurut beberapa tulisan tentang ini bahwa mood ada dua macam,mood senang dan mood sedih.Atau lebih umum terdapat dua macam,yaitu suasana baik dan suasana buruk.

Sebagai manusia yang normal sesungguhnya kedua suasana ini pasti akan hadir selalu dalam hidup,kadang sedih kadang senang walau tanpa sebab,misalnya tiba-tiba hati senang terus,atau sebaliknya hati ini sedih terus.Atau kadang senang kadang sedih dalam waktu yang singkat berganti-ganti.Termasuk jenuh dan bosan bergonta-ganti dengan semangat dan antusias.

***
Terus masalahnya adalah ketika dilanda mood sedih atau buruk (bad mood),dengan atau tidak karena alasan dan sebab tertentu maka tiba-tiba mood kita selalu sedih dan menderita bad mood terus.maka mari cari salah satu jalan keluarnya.

Pengalaman penulis,jikalau bad mood sedang melanda kita saat ini,tidak lain obatnya adalah mencari "pencerahan",mencari pencerahan bagi tubuh dan jiwa kita.Karena jika tidak dicerahkan dengan segera,bad mood bisa lebih parah ke arah menderita,bosan,jenuh,stress bahkan depresi dan akhirnya berpengaruh terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Jangan biarkan bad mood selalu menempel di tubuh dan jiwa kita,ayo segarkan (refresh) dengan kegiatan refreshing,misalnya mencari suasana tempat yang baru,mencari teman baru,mencari ilmu pengetahuan baru atau bahkan keluar dulu sebentar dari kegiatan rutin anda barang sebentar.

Carilah segala aktivitas yang "mencerahkan" tubuh dan jiwa kita,banyak berbagai cara misalnya jalan-jalan ke tempat sejuk dan sepi sambil olahraga,latihan yoga ringan atau berkonsultasi ke orang tua yang bijak,atau curhat habis-habisan ke sahabat yang layak dipercaya dan atau malah biarkanlah bad mood itu berlalu dengan dilewatkan oleh kegiatan tidur seharian dan bad mood sebenarnya adalah hanyalah masalah waktu saja,dia akan berlalu dengan sendirinya.

Intinya keluar dulu dari suasana dan kondisi yang menjadikan mood anda buruk,keluar dulu dari rutinitas yang menjemukan,cari hal-hal yang mencerahkan dan jangan lupa mendekatlah kepada Tuhan.

Salam.

0 comments: