Senin, 17 September 2012

Memiliki Blog Ibarat Punya "Lapak" dalam Berdagang

Dalam istilah gaul blog pribadi suka disebut "lapak",lapak dalam arti aslinya adalah sebuah tempat atau lokasi tertentu, yang menjadi hak seseorang untuk kegiatan mengenalkan,menyimpan dan menjual konten barang dagangannya.

Memiliki blog yang ideal tentu layaknya seperti membuka lapak (kios,toko,tempat jualan) dagangan dan banyak pengunjungnya,selain akan semakin banyak bermanfaat,bergairah bagi pemiliknya,juga berpeluang akan mendapatkan "hasil" dengan lakunya konten yang ditawarkannya.

"Hasil" bagi para blogger ada dua macam,hasil sebagai berbentuk "materi' atau uang secara langsung,dan "hasil kepuasan bathiniah' yaitu hasil berbagai keuntungan lainnya yang tidak bisa dinilai dengan uang,misalnya bertambah sahabat,teman,saudara,bertambah jaringan bisnis,bertambahnya ilmu pengetahuan dan sederet keuntungan lainnya.

Masih diibaratkan sebuah "kios atau lapak dagang di tengah masyarakat",sebuah blog akan banyak pengunjung jika seperti toko yang banyak itemnya,banyak barang dagangannya,banyak yang ditawarkannya kepada publik.Bagi blogger ini artinya "konten" atau isi,yaitu postingan yang banyak dan komplit akan mengundang banyak pengunjung dan pembeli.

Masih kita ibaratkan dengan toko,pemilik blog pribadi bisa membuat lapaknya akan menjadi sebuah Toko Grosir atau sebuah Toko khusus ?

Toko Grosir yaitu lapak dagang yang konten atau isinya beraneka ragam,semua jenis dan macam barang ada ,dari mulai Terasi sampai Dasi ada di sana,dari mulai jarum jahitan tangan sampai jarum pipet suntikan ada,dari mulai balon mainan anak sampai kondom tersedia di sebuah toko Grosir.

Sebuah blog yang mau serba ada,akan memuat beraneka macam topik,berjenis-jenis tema,bermacam-macam pokoknya dari ramalan bintang sampai berita ada di sana,dari curhat sampai tulisan serius ada.Item atau kontennya sangat banyak bahkan bertumpuk-tumpuk sampai harus membuat gudang,layaknya grosir.Hal demikian pasti akan mengundang banyak pengunjung,karena setiap yang diperlukan pengunjung ada di sana.

Itu macam blog "grosiran" atau blog campur sari atau blog serba ada.

Kedua,lapak atau toko yang khas atau hanya menjual item tertentu,kontennya banyak dan komplit tetapi hanya tersedia satu macam yang khas saja.Lapak macam ini akan banyak pengunjung juga,terutama pengunjung yang sedang membutuhkan macam khas termaksud,peluang untuk gampang diingat dan banyak pengunjung setia sangat besar daripada ke grosiran.

Lapak khas punya keunggulan tersendiri yaitu pengunjung tertentu terutama yang sudah pernah mampir,akan selalu langsung menuju lokasi lapaknya dengan akses ke jalan tempat lapak khas tersebut berada,karena sepesifik dan lebih bisa lebih cepat mendapatkan item yang sedang dicari sang pengunjung.

Misalnya,toko sepatu,toko onderdil,toko plastik,toko buku,toko tembakau,toko asin,toko mainan anak,toko pakaian anak saja,toko karpet,dan sebagainya.Di lapak-lapak khas seperti ini tidak akan anda temukan barang-barang yang lain selain barang yang masih berhubungan dengan jenis toko khas tersebut,Toko macam begini berpeluang punya pengunjung setia,walaupun letaknya jauh di dalam blok pasar induk,tetapi pengunjung akan dengan setia langsung menuju lapak itu.

Dalam dunia blog pribadi,ibarat seperti lapak khas tersebut adalah blog-blog yang memuat konten khas,dengan topik-topik khusus seperti : blog tutorial ,blog kesehatan,blog agama,blog ilmu pelet,blog ilmu pesugihan,blog pendidikan,blog masakan,blog hiburan,blog humor dan lain-lain.

Blog khas semacam ini berpeluang banyak pengunjung juga,karena isi dan konten yang "dijualnya" diperlukan oleh pengunjung-pengunjung tertentu yang seirama dengan isi blog termaksud,misalnya tutorial blog,saya lihat blog yang khas kontennya tentang tutorial blog saat ini,selalu menempati pagerank Google yang bagus,atau ranking alexa yang tinggi juga.

Lalu,sekarang mau jadi blog seperti lapak bagaimana blog pribadi kita..?,ya deh semua terserah anda,mau jadi blog "model grosiran-dari terasi sampai dasi ada" atau " mau jadi blog khas-ibarat lapak khusus di pasar-pasar induk" yang tetap punya pengunjung walau berada di tempat yang pojokkan atau tenggelam di tengah komplek"pasar,karena pengunjung butuh item khusus yang dijualnya.

Namun apapun model blog anda,yang paling penting adalah tetap "Konten" sebagai Item barang dagangannya yang utama,Konten yang berkualitas,banyak jumlahnya,dan usahakan semua berlabel halal dan asli,bukan konten milik orang lain apalagi hasil dari mencuri.

Salam berbagi pengalaman,selamat malam.

1 comments:

Sobat TJK [Trik Jitu Komputer] yth.

Terima kasih salam silaturahminya,terima kasih mampirnya,senang sekali kita bisa bersahabat dan bersaudara melalui ngeblog.

Terima kasih linknya mas,oke insya Allah akan saya follow blog Anda.

salaman hangat..