Sabtu, 08 September 2012

Produk HP Palsu Marak di Riyadh KSA

Produk palsu dengan tulisan made in salah satu negara produsen terkenal di Asia, kembali marak di pasaran gelap Riyadh.Bahkan menurut seorang teman saya hal ini terjadi juga di Mekkah dan  Jeddah serta di kota lainnya di kawasan negara pengeksport minyak mentah terbesar dunia ini.

"Banyak beredar hp palsu yang sangat mirip sekali bentuknya, dan sama sekali anda tidak akan menyangka itu palsu," kata seorang teman TKI asal Jatim,Nurwahid,kemarin sore di sebuah toko Indonesia di kawasan Hayyi Rawabi,Riyadh.

Yang penulis ketahui model hp merk Nokia N-95 paling banyak dipalsukan termasuk juga jenis Blackberry,semua bentuk fisik maupun tampilannya persis sama,bisa dipergunakan untuk sms biasa,calling dan menerima panggilan.Tetapi tidak bisa digunakan untuk layanan mms dan akses internet.

Ketika dicek dengan kode pemanggil nomor IMEI pun (tekan;*#06#) tetap muncul nomor seri seperti layaknya hp produk asli atau original,namun kalau kita lebih jeli nampak jenis hurup dan ukuran font-nya agak kasar dan sedikit tidak rapi.

Hati-hati kepada pengunjung yang baru masuk Mekkah atau daerah lainnya,jangan tergiur HP anda ditukar tambah dengan bentuk-bentuk hp asli tapi palsu tersebut.Harganya memang sangat murah dibanding produk asli dengan jenis yang sama,biasa mereka menawarkan harga 25 persen dari harga jual aslinya.

Mereka kemungkinan adalah sindikat penipuan dengan memangsa temannya sendiri,terutama memangsa jemaah umroh atau jemaah haji asal Indonesia,pelakunya bisa saja dari warga kita atau dari warga pendatang asing yang sebagian juga pandai berbahasa Indonesia.

Disarankan bila ingin membeli oleh-oleh untuk kembali ke tanah air,belilah di toko-toko yang jelas kedudukannya serta jangan lupa minta komplit dengan surat-surat jual beli dan brosur produknya.

Jangan layani pedagang hp asongan yang suka benyak berkeliaran di sekitar masjid Al Haram,dan mengintai mangsa jemaah yang baru masuk Saudi.

Waspadalah..Salam.
Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja termasuk disekitar tempat suci Mekkah.

0 comments: