Minggu, 16 September 2012

Sekali Lagi Gan : Konten adalah Raja

Menurut para Blogger senior di dalam kegiatan mengelola blog,adalah penting tentang Konten,"Konten (isi,atau postingan) adalah Raja",artinya kegiatan nge-blogging ketika tidak ada konten atau sedikit postingan,lha..pembaca mau baca apa..?.

Masih menurut para blogger senior juga gan,pada hakikatnya seorang blogger itu adalah penulis,dan kegiatan blogging itu adalah menulis yang paling utama.Meskipun saat ini kegiatan blogging juga berkembang ke kegiatan lainnya,tidak sekedar menulis berlanjut ke bisnis,iklan dan semacamnya.Tetapi tetap blogging adalah hakikatnya kegiatan menulis,memposting konten.

Konten yang bagaimana yang akan menjadi raja,yang dimaksud "raja" ?,nih menurut teman blogger senior juga , secara saya masih blogger anak bawang ,jadi ya saya banyak kutip dari pendapat teman-teman blogger senior,maksudnya biar agan percaya gitu deh hehe...

Dan menurut pengalaman yang pernah saya praktekkan, selain memposting dan menulis konten kegiatan blogging juga akan sangat berarti jika ada pembaca,banyak pengunjung,disinilah maksudnya.Jika banyak pengunjung artinya blog akan semakin bermanfaat,semakin naik nilai jualnya dan semakin semangat mengelola dan ujung-ujungnya sebagian blogger pasti memanfaatkan untuk iklan,iklan artinya uang,yah...UUD ujungnya duit.

Ya enggak mesti juga bagi sebagian lainnya,kepuasan tersendiri jika blog kita bisa banyak pengunjung dan banyak bermanfaat bagi banyak orang,itulah sejatinya tujuan blogger.Jadi konten sebagai raja adalah untuk menarik sebanyak mungkin pengunjung ke blog kita.

Lalu secara umum juga yang mengelola blog disebut Author atau penulis sekaligus disebut Blogger,meskipun blognya memakai wordpress atau yang lainnya.Biasanya semua yang punya blog disebut blogger,karena konon blog dipopulerkan oleh blogger.com (sorry kalau salah..).

Konten yang dimaksud "raja", is the King dalam blog, kata para pakar blog diantaranya sbb:

1.Konten yang asli ,original bukan copy paste,unik dan berisi kata-kata kunci.atau phrase dan kalimat baru di jagat internet.Ini paling disukai oleh mesin pencari.

2.Untuk menarik pengunjung jangan terlalu fokus ke konten yang berisi rangkaian kata kunci agar menjadi peringkat halaman satu dalam mesin pencarian (kata kunci tertentu),akan menjadi tidak berarti jika dengan kata kunci saja lalu menjadi peringkat halaman pertama mesin pencari (SEO),tetapi kontennya tidak menarik pembaca,

Peringkat satu didapat tetapi pembaca kecewa,karena ketika dibuka blognya ternyata hasil copy paste,milik orang lain dan berisi kata-kata kunci yang menjemukan,dijamin pembaca tidak akan kembali ke blog macam itu.Meskipun di mesin pencari menjadi peringkat halaman pertama.

Setuju dengan ini,kata teman blogger saya di sebuah blog miliknya,beliau menulis "Menulislah untuk pembaca jangan melulu menulis untuk Google (Mesin pencari)" !,maksudnya jangan hanya mengejar peringkat laman satu di mesin pencari tetapi melupakan "unsur manusiawi"nya sebuah postingan yang dipersembahkan untuk pembaca,bukan semata-mata untuk meraih peringkat satu saja di mesin pencari.

3.Supaya akrab di mesin pencari,cara paling abadi dan alami adalah terus memperbanyak postingan atau konten di blog anda dengan kriteria postingan,unik,orisinal,asli karya sendiri,menarik,bermanfaat,aktual,inspiratif,dan sesuai dengan EYD ,sehingga semua kata bisa diterjemahkan (terbaca) oleh mesin terjemah baku di internet.

4.Wah maaf gan,ini saya hanya berbagi saja sesuai pendapat para teman senior blogger yang saya baca di lapak mereka masing-masing.

Terima kasih kepada teman-teman yang telah berbagi segala ilmunya terutama tentang "Tutorial Blog"nya,semoga menjadi suatu kebaikan dengan ilmu yang teman semua publikasikan di lapaknya masing-masing atau di kesempatan lainnya.

Selamat memposting dan mengisi blog anda dengan konten yang layak disebut "raja".

Salam Blogger.

2 comments:

Ijin serap isinya ya bro ,, biar G̲̮̲̅͡ÅК̲̮̲̅͡ asal-asalan kalau saya buat posting . Karena memang benar , kalau posting hanya fokus pada kata kunci biasanya G̲̮̲̅͡ÅК̲̮̲̅͡ nyambung sama isinya....

Halo Mas Aditya,,salam kenal..
terima kasih telah berkunjung,salam hangat.

hanya berbagi saja bro,,hehe kalau ada manfaat monggo diambil,secara saya juga mau belajar sama Mas Aditya..

terima kasih.