Kamis, 20 September 2012

Pendengar Ngantuk,Pembaca Hoaamm..!

Pernah kita melihat berita tentang pendengar sebuah pidato atau ceramah yang ngantuk ?,atau paling tidak mereka menguap banyak dan hoaaamm....!?,sangat dipastikan pernah mendengar.

Celakanya yang pidatonya kebanyakan tidak menyadari kondisi di para pendengarnya,jika hanya satu dua orang yang ngantuk itu masih wajar,mungkin hanya alasan personal si yang ngantuk itu,entah kurang tidur sebelumnya atau memang dasar si tukang tidur asalnya.

Tetapi jika kita sedang ceramah atau berbicara dan atau sedang presentasi lalu pendengar dan pemirsa banyak yang hoam..? ngantuk dan ada yang tidur,atau gelisah dan mata mereka menatap tetapi hati dan pikiran mereka kemana,duduknya sudah gelisah ditengah presentasi anda atau malah bisik-bisik dengan temannya kanan kiri.

Jika sudah begini artinya materi presentasi,pidato atau pembicaraan anda sudah "tidak menarik lagi",sudah tidak mengundang minat lagi.mereka sudah bosan dan jenuh dengan pidato kita.

Jalan keluarnya,sudahi saja pidato demikian hanya akan melecehkan anda saja,secara tidak langsung mereka sudah tidak berminat lagi dengan apapun yang anda katakan dan anda sampaikan.

Atau segera antisipasi dengan merubah gaya presentasi kita,misalnya bikin suasana yang segar untuk membangunkan kejenuhan mereka,atau ganti tema dulu tidak melulu ke materi dan atau rubah gaya bicara yang kaku dan baku menjadi agak lebih santai.

Atau ah sudahi saja,toh mereka sudah tidak tertarik lagi kok,dan selanjutnya introspeksi diri yang lebih baik,ternyata materi dan gaya presentasi kita masih amatir.Legawa menerima kenyataan itu dan memperbaiki lagi kemampuan diri.

Salam berbagi.


0 comments: