Sabtu, 15 September 2012

Dilema TKI-TKW PRT Saudi

Penutupan sementara pengiriman TKI PRT atau TKW Saudi,disatu sisi bagi kami yang pernah menyaksikan di kenyataan tentang :

1.Bagaimana hinanya TKW yang kabur kemudian dipelihara di kamar-kamar Tenaga Kerja Asing asal Pakistan,Bangladesh,Hindia dan lainnya.Ketika uang mereka diperas,tubuh mereka dipakai,dan berkedok menjadi pelindung dengan ketika liburan bekerja PRT Kaburan bersitirahat atau dalam menunggu waktu mencari pekerjaan di rumah lainnya secara ilegal.

Sehingga muncul anggapan di kalangan para pekerja Pakistan,Hindia,Bangladesh,bahwa TKW Indonesia hanya sekedar berharga sekaleng Pepsi atau sepuluh riyal uang fulsa handphone,sangat menyakitkan.
(penulis yang saat ini jadi TKI di Riyadh,pernah mendengar langsung dari mereka).

2.Atau mendengar bagaimana banyak dilecehkannya TKW oleh para anak muda dan oknum pria Saudi nakal,ingin memperkosa dan atau meraba,menjamah dan menganiyaya sebagian TKW malang dan sebagainya.

3.Bagimana banyaknya kasus perceraian karena tidak tahan hidup berpisah suami isteri bertahun-tahun,suami di rumah isteri jadi TKW,sehingga banyak keluarga TKW rumah tangganya hancur,bercerai.

Rasanya setuju sekali, jangan dibuka lagi pengiriman TKW PRT ke Saudi.

Namun di sisi lain juga menjadi dilema ketika melihat manfaatnya dibuka pengiriman TKW Ke Saudi :

1.Sudah ribuan orang yang asalnya tidak punya rumah lalu menjadi punya rumah,hasil dari bekerja TKW di Saudi.

2.Ribuan suami yang bangkrut usahanya dan punya hutang di tanah air,menjadi tertolong bisa buka usaha lagi dan hutangnya lunas,sebab istrinya jadi TKW di Saudi.

3.Ribuan anak-anak janda TKW di tanah air banyak yang bisa lulus sekolah SLTA,bahkan tidak sedikir yang sampai bisa Kuliah menjadi Sarjana,karena ibunya menjadi TKW di Saudi.

4.Ribuan janda yang asalnya menganggur di kampungnya,menjadi punya pekerjaan dan penghasilan jutaan rupiah perbulannya karena menjadi TKW Saudi.

5.Ribuan TKW Muslim yang berhasil menunaikan ibadah haji dan dihajikan oleh majikannya,karena jalan menjadi TKW Saudi.

6.Miyaran devisa masuk pertahunnya ke negara karena banyak TKW di Saudi.

7.Dan sebagainya.

Kalau melihat yang ini rasanya setuju deh dibuka terus pengiriman TKW ke Saudi

Manfaat dan mudharat akan selalu ada dalam setiap hal,untuk masalah TKW Saudi,dan untuk tulisan kali ini saya sendiri tidak bisa menulis apa pendapat saya untuk mencari jalan keluarnya..?

Hehe,pusing gan...!,nah kita serahkan saja deh ke yang ahlinya dan terutama Kemenakertrans dan BNP2TKI semoga mendapat cara terbaik,mendapat solusi terbaik.Amin.

Salam TKI.

0 comments: