Senin, 24 September 2012

Minum Teh Ditambah Cengkeh atau Jahe

Minum Teh manis disaat apapun tetap menyegarkan,tetapi kalau anda punya riwayat diabetes jangan terlalu banyak gulanya,manis jambu sedikit saja dan Teh-nya kalau bisa cari yang diproses dari manual alami.

Akan lebih keren rasanya jika ditambah rempah dari Cengkih dan Jahe,aroma uap rempah Cengkih dan Jahe akan membuat anda semakin segar.Disamping memang ketiga bahan tersebut,Teh,Jahe,dan Cengkih mempunyai khasiat alami yang banyak terutama membantu melancarkan peredaran darah,membuang gejala masuk angin,menghangatkan tubuh,melancarkan nafas dan sebagainya.

Caranya sbb :

1.Rebus air bersih di Teko atau panci dalam kompor yang bukan bersumber panasnya dari listrik,karena kalau mengandalkan pemanas dari listrik selain panasnya tidak maksimal juga "seni' nya membuat Teh menjadi berkurang.Kalau memungkinkan panaskan airnya di tungku yang berbahan dari arang kayu,ala Cowboy,karena aroma arang kayunya juga akan menambah aroma khas ke air yang direbus.

2.Ketika air di tungku sudah mendidih masukan Teh sesuai selera anda,usahakan Tehnya yang alami bukan hasil pabrikan yang sudah dicampur bahan pengawet.Biarkan getah Teh larut di air mendidih sekitar lima menit dengan api dikecilkan.

3.Masukan Cengkih dan irisan atau Jahe yang sudah ditumbuk sebelumnya,Jahenya juga harus Jahe segar,masih mengandung air ketika ditumbuk atau diiris.

Takaran Cengkihnya anda tentukan sendiri saja sesuai selera,hati-hati jangan terlalu banyak aroma Cengkih sangat tajam,kira-kira seujung kecil sendok makan saja di awalnya untuk satu liter air,termasuk Jahe juga disesuaikan dimulai dengan mencampurnya sedikit-sedikit.

4.Biarkan semua bahan larut di atas Tungku sekitar dua menit.

Sekarang sudah siap anda meminum air Teh Cengkeh plus Jahe,memakai gelas atau cangkir berbahan tanah liat atau keramik akan membuat acara lebih sip dan oke gan,karena aroma rempahnya tertambah oleh aroma arang dari Tungku dan aroma Cangkir istimewa keramik atau tanah punya anda.

Bagi yang mau manis bisa ditambah dengan gula pasir secukupnya.Gampang bukan dan ...? tidak aneh hehe.

Selamat bersantai.

0 comments: