Senin, 03 September 2012

TKW Kenya Ke Saudi dikabarkan Ditutup

Pengiriman tenaga kerja pembantu rumah tangga atau di Indonesia populer dengan TKI PRT asal negara Kenya,Afrika,saat ini juga dikabarkan ditutup.

Menurut Ali abu Ibrahim (50th),warga Kenya yang sedang bekerja di Riyadh mengatakan,bahwa sejumlah TKW Kenya dalam beberapa bulan terakhir ini banyak yang kabur dan lari dari rumah-rumah majikannya di seantero Saudi.

"Wanita Kenya itu tidak sesabar wanita Asia,sobat,bahkan sesabar wanita Indonesia,wanita Kenya meskipun tingkat kesejahteraanya masih dibawah Indonesia,mereka rata-rata tidak mau terlalu diatur-atur dalam bekerjanya oleh majikan," kata Ali Ibrahim.

"PRT asal Kenya memilih keluar dari rumah majikan dariapda harus tunduk dan manggut-manggut ketika sebuah "kecerewetan" majikannya sedang kumat," demikian kata dia lebih lanjut.


Menurut Ali,bahwa pemerintah Kenya telah menutup pengiriman sementara  wanita-wanita pekerja asal Kenya karena selama ini banyak PRT Kenya yang kabur dan memalukan negaranya.

Kabar yang lebh akurat dan pasti saya masih terus mencari tahu lewat teman-teman tenaga kerja Asing teman saya di Riyadh.namun sejauh ini berita tentang penutupan sementara pengiriman PRT asal Kenya banyak dibenarkan oleh para Pria pekerja asal negara Benua Afrika itu.

"Indonesia kapan dibuka lagi pengiriman TKW ke Saudi...?'tanya teman Kenya pada saya.

"Entahlah...saya rasa lebih baik tidak dibuka lagi kalau perlindungannya tidak dijamin oleh kedua belah pihak dengan baik..," jawab saya sambil berharap semoga pemerintah mendapat jalan terbaik demi TKW informal TKI Saudi dan seluruh TKI umumnya.

(AWD)

0 comments: